Kamis, 03 Juni 2021

Aksi Nyata Modul 3.3


Artikel Refleksi

PGP-Angkatan 1-Langkat-Mariono-Aksi Nyata Paket Modul 3

Modul 3.3          : Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Nama Peserta   : Mariono

No Peserta        : 201500981063

Program            : Pelatihan Mini GELIGA ( Gerakan Literasi Digital )

 

In order to succeed, your desire for success should be greater than your fear of failure

'Dalam meraih kesuksesan, Kemauan Anda untuk sukses
harus lebih besar dari ketakutan Anda akan kegagalan.' 

-Bill Cosby-

A.   Peristiwa (facts)

·           Latar belakang

       


    System belajar online mengharuskan guru dan siswa menggunakan perangkat teknologi yang mendukung proses belajar mengajar. Namun banyak siswa yang belum memahami perangkat teknologi dan memanfaatkannya dalam proses belajar.


Adanya keluhan dari wali murid terhadap perilaku siswa ketika menggunakan hand phone pada saat mengakses materi pelajaran yang di share guru, ketika siswa diberikan kepercayaan orang tua untuk memakai HP sebagai sarana belajar online namun  siswa lebih banyak menggunakan Hand Phone tersebut hanya untuk bermain game dan menonton animasi kartoon di youtube.

Literasi digital memiliki peran penting dalam keterlaksanaan daring atau pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi Covid-19, seperti halnya memperlancar pelaksanaan daring, pelaksanaan menjadi lebih efektif, dan memudahkan dalam mencari dan mengolah informasi, mempermudah kolaborasi antara pengajar dan pembelajar. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi selama daring atau pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19 akan mendorong pada peningkatan literasi digital


Literasi digital menjadi pedoman untuk menunjang pembelajaran dengan media digital. Dengan sumber digital siswa tidak hanya dapat berfokus pada pemahaman materi tapi mereka juga bisa berpikir kreatif dalam memanfaatkan teknologi. Maka dari itu literasi digital diperlukan dalam pengembangan cara berpikir kritis siswa.


Melalui literasi digital di harapakan dapat merubah Pemahaman siswa tentang paradigma literasi tidak hanya membaca dan bahan bacaan bukan hanya manual melainkan juga digital. Literasi tidak sekedar membaca dan menulis namun juga keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan berbentuk cetak, visual, digital dan auditori dan dapat menggunakan media digital secara bijak, kreatif dan bertanggung jawab

·           Yang dilakukan pada aksi nyata, berikut alasan mengapa melakukan aksi tersebut


Aksi nyata yang dilakukan adalah dengan melakukan kegiatan pelatihan mini yang diikuti oleh sebagian peserta didik dan seluruh dewan guru untuk terlibat dalam kegiatan tersebut dengan harapan agar dapat merubah Pemahaman siswa tentang paradigma literasi tidak hanya membaca dan bahan bacaan bukan hanya manual melainkan juga digital. Literasi tidak sekedar membaca dan menulis namun juga keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan berbentuk cetak, visual, digital dan auditori dan dapat menggunakan media digital secara bijak, kreatif dan bertanggung jawab

Jadwal Rencana Kegiatan

Pelatihan Mini Gerakan Litersi Digital

SDN 057234 Tepian Merawan

No

Hari/Tanggal

Peserta

Pemateri

1

Kamis

03 Juni 2021

Dewan Guru dan sebagian siswa dan wali murid

Mariono

2

Sabtu

12 Juni 2021

Siswa kelas VI dan V

Mariono dan Juliah

3

Rabu

23 Juni 2020

Siswa kelas IV dan III

Mariono dan Sri Wahyuni

4

Sabtu

26 Juni 2021

Siswa Kelas II dan I

Mariono dan Eva Aulia Anggraini

 

Kegiatan yang sudah dilakukan adalah pelatihan mini pada hari kamis tanggal 03 Juni 2021, untuk kegiatan berikutnya akan dilaksnakan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan sebelumnya bersama kepala sekolah, rekan sejawat, murid dan sebagian wali murid

Program pelatihan mini GELIGA (gerakan literasi digital) dilakuakn dengan harapan dapat merubah Pemahaman siswa tentang paradigma literasi tidak hanya membaca dan bahan bacaan bukan hanya manual melainkan juga digital. Literasi tidak sekedar membaca dan menulis namun juga keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan berbentuk cetak, visual, digital dan auditori dan dapat menggunakan media digital secara bijak, kreatif dan bertanggung jawab

·           Hasil dari aksi nyata yang dilkaukan









Dari pelaksaan program kegiatan yang sudah berjalan yaitu pelatihan mini program GELIGA (gerakan literasi digital) pada hari kamis tanggal 03 Juni 2021 terlihat antusias dari guru, siswa bahkan wali murid dan kepala sekolah dalam mengikuti kegiatan tersebut, seluruh komponen pemangku kepentingan yang terlibat dalam program tersebut mendukung sepenuhnya dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang dilaksanakan. Siswa terlihat senang dan aktif mengikuti kegiatan dan orang tua wali murid merasa terbantu dengan memberikan pemahaman kepada anaknya dalam memanfaatkan sarana digital sebagai sarana belajar  


B.   Perasaan (feelings)

·           Perasaan ketika atau setelah menjalankan aksi nyata

Diawal-awal perencanaan pada saat membuat rancangan aksi nyata ada sedikit keraguan dalam diri, apakah program ini dapat berjalan dengan baik dan apakah kepala sekolah, rekan sejawat dan siswa tertatarik dengan rencana program yang akan dijalankan? Namun setelah melakukan komunikasi dengan kepala sekolah dan rekan sejawat terkait program yang direncanakan, Alhamdulillah mendapatkan respon yang sangat positif dari kepala sekolah dan rekan sejawat juga memberikan dukungan yang sangat baik.

Perasaan senang luar biasa yang mendominasi ketika dapat menjalankan program yang di rencanakan dan merasa tertantang untuk terus mencoba melanjutkan dari program tersebut bahkan ingin  membuat program terbaru yang lebih menantang. Selain itu, ada rasa kepuasan tersediri ketika bisa menjalin komukasi, bekerja sama serta berkolaborasi dengan rekan sejawat dalam merencakan dan menjalankan sebuah program dengan demikian menambah kebersamaan, kepedulian, kepercayaan dan tali persaudaraan sesama rekan sejawat.

Menyaksikan antusias, minat dan semangat siswa dalam mengikuti program pelatihan mini GELIGA (gerakan literasi digital) membuat hati menjadi ikut semangat dan bahagia yag tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata, tergambar jelas rasa penasaran pada diri siswa ketika mengikuti kegiatan pelatihan mini tersebut, rasa ingin tahu siswa terhadap perangkat digital sangat besar.

C.   Pembelajaran (findings)

·           Pembelajaran yang didapat dari pelaksanaan keseluruhan aksi (baik dari kegegalan maupun keberhasilan)

Kegagalan

  1. Ternayata pada saat melakukan  aksi nyata program pelatihan mini GELIGA (gerakan literasi digital),  pada saat melakukan tanya jawab diawal kegiatan terkait pemahaman siswa terhadap literasi, seluruh siswa memilki pemahaman bahwa literasi itu adalah membaca buku dan siswa kurang bijak dalam menggunakan media digital
  2. 4 orang  siswa yang dipilih untuk mengikuti pelatihan mini GELIGA (gerakan literasi digital)  tidak hadir karena pagi hari pada saat pelaksanaan pelatihan mini gerimis/turun hujan.
  3. Pada saat pelaksanaan pelatihan mini terjadi beberapa kali listrik padam sehingga kurang maksimal dalam pemanfaatan in focus/layar

Keberhasilan

  1. Antusia siswa dalam mengikuti pelatihan mini
  2. Dukungan dari semua pihak hingga terselenggaranya program pelatihan mini
  3. Dalam menjalankan sebuah program harus memilki kemauan kuat untuk berhasil daripada rasa takut akan kegagalan
  4. Ternyata pelatihan mini memberikan dampak yang sangat positif dan lebih memudahkan siswa dalam menerima informasi yang akan di sampaikan
  5. Dalam merancang sebuah program sekolah yang berdampak pada murid dapat dilakukan melalui tahapan BAGJA yang menggunakan paradigma inkuiri apresiatif, yaitu pendekatan kolaboratif dalam melakukan perubahan yang berbasis kekuatan.
  6.  MELR (Monitoring,Evaluation,Learningand Reporting) merupakan salah satu strategi yang sangat efektif dalam merencanakan suatu program hingga tahap pelaporan

D.  Penerapan kedepan (future)

·           Rencana perbaikan untuk pelaksanaan di masa mendatang

  1. Untuk pelaksanaan kegiatan pada jadwal berikutnya akan dilaksanakan di salah satu rumah wali murid yang memilki jaringan wifi agar siswa dapat secara langsung menggunakan HP tanpa terkendala jaringan
  2. Besar harapan agar sekolah memilki jaringan wifi dan ini sudah di komunikasin dan diskusikan bersama kepala sekolah dan rekan sejawat, Alhamdulillah mendapatkan respon yang positif, kepala sekolah akan mengupayakan tahun ini sekolah SDN 057234 Tepian Merawan sudah memilki jaringan wifi
  3. Pada kegiatan pelatihan mini pada jadwal berikutnya akan diupayakan untuk menghadirkan nara sumber dari sekolah lain untuk penyeragaran bagi siswa serta menambah pengetahuan baru untuk guru dan siswa
  4. Mengoptimalkan pelaksanaan program secara maksimal dengan melakukan refleksi dari kegiatan program yang sudah terlaksana

Thank You

 

                               

 

 

 

 

 

6 komentar:

  1. Balasan
    1. Mksih Bu....
      Msih belajar ni
      Smg bisa lebih baik kedepannya

      Hapus
  2. Keren,,, salut saya sama pa mariono, tugas yang di kerjakan selalu maksimal,, sukses terus ya paaa... semoga terwujud segala yang di cita-citakan

    BalasHapus
  3. Luar biasa Pak Mariono ini semua kegiatan terperinci dan tersusun rapi kerreeeen 👍👍👍👍

    BalasHapus

Modul 1. Refleksi Perkembangan Kompetensi Awal Peserta PKG PJOK

    Refleksi Perkembangan Kompetensi Awal Peserta PKG PJOK Oleh: Abi Wihan   Pertanyaan Reflektif Menurut pengalaman Ibu/Bapak sejau...