Senin, 25 Januari 2021

Aksi Nyata Modul 1.4

Tugas 1.4.a.10 Aksi Nyata

Modul 1.4 Budaya Positif

PGP - Angkatan 1 - Kabupaten Lngkat - Mariono - 1.4 - Penerapan Nilai Disiplin Pada Peserta Didik Dalam Pendidikan Karakter Di Sekolah

A.        Latar belakang

Pengertian disiplin secara etimologi berasal dari bahasa inggris disciple, disipline yang artinya penganut atau pengikut. Sedangkan disiplin menurut Kemendikdas (2010:9) adalah sebagai tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ktentuan dan peraturan.

Sikap disiplin perlu ditanamkan sejak sekolah dasar, jika sikap disiplin tidak datanamkan sejak sekolah dasar pastti kedepannya peserta didik tersebut kurang memiliki nilai disiplin yang akan dapat berakibat buruk untuk masa yang akan datang. 

Pendidikan karakter merupakan bentuk kegiatan manusia yang didalamnya terdapat suatu tindakan yang mendidik diperuntukkan bagi generasi selanjutnya. Tujuan dari pendidikan karakter adalah untuk membentuk penyempurnaan diri individu secara terus menerus dan melatih kemampuan diri demia menuju kearah yang lebih baik. 

Dengan penerapan nilai disiplin di sekolah diharapkan dapat membentuk karakter yang baik dalam setiap diri peserta didik. Membentuk karakter bukanlah perkara yang mudah karena karakter tidak dapat diwariskan atau diturunkan begitu saja melainkan dengan membangun secara berkesinambungan dan terus menerus melalui pola fikir dan aksi nyata. Setelah lingkungan keluarga sikap disiplin juga diajarkan di sekolah. Di sekolah pasti terdapat peraturan yang ahrus ditaati semua peserta didik, disinilah cara guru untuk menerapkan sikap disiplin kepada peserta didik, jika ada peserta didik yang kurang memperhatikan sikap disiplin peran gurulah sangat penting. Guru harus bisa memberikan teladan atau contoh disiplin juga kepada peserta didik. Guru juga harus selalu memberikan motivasi dan arahan agar peserta didiknya memilki sikap disiplin, Contohnya saja masih banyak peserta didik yang sering terlambat masuk sekolah, jika kebiasaan itu tidk segera dihilangkan maka akan berdampak di jenjang berikutnya. 

B.     Deskripsi aksi nyata yang dilakukan, berikut alasan mengapa melakukan aksi tersebut

Berdasarkan indikator nilai disiplin menurut Kemendiknas (2010:26) yaitu membiasakan hadir tepat waktu, mambiasakan mematuhi aturan dan menggunakan pakaian sesuai dengan ketentuan maka aksi nyata yang dilakukan adalah 

  • Berkolaborasi dan mensosialisasikan rancanagan aksi nayata kepada seluruh warga sekolah.
  • Melakukan komunikasi yang baik kepada seluruh warga sekolah agar rancangan aksi nyata dapat terlaksana dengan baik.
  • Membuat Kesepakatan Sekolah dengan melibatkan warga sekolah
  • Menuliskan ksesepakatan Sekolah dan di tanda tangani oleh Kepala Sekolah
  • Menjadi contoh dan teladan dalam penerapan disiplin yang telah disepakati bersama
  • Melakukan refleksi secara berkala terhadap kesepakatan yang telah dibuat 

C.         Hasil dari aksi nyata yang dilakukan

Setelah melakukan kegiatan aksi nyata tentang penerapan disiplin pada peserta didik dalam  pendidikan karakter di sekolah, maka hasil yang diarasakan dapat tercermin dari perilaku siswa diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Kepala sekolah, guru dan murid serta wali murid memberikan tanggapan yang positif
  2. Siswa menyadari pentingnya disiplin terutama dalam berpakaian dan tepat waktu ketika datang ke sekolah maupun dalam mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru
  3. Siswa mematuhi tauran yang telah dibuat dengan penuh kesadaran
  4. Siswa menyadari pentingnya menjaga protokol kesehatan
  5. Siswa terbiasa dengan 3M (Mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak)
  6. Guru lebih semangat dalam mengontrol kedisiplinan siswa dalam proses pembelajaran
  7. Guru lebih menyadari akan pentingnya menjadi teladan bagi peserta didik

D.        Pembelajaran yang didapat dari pelaksanaan (kegagalan maupu keberhasilan)

Selama melakukan kegatan aksi nyata dari awal pelaksanaan hingga tahap finishing banyak sekali pelajaran yang di dapat, diantaranya adalah

  1. Pentingnya berkolaborasi dan bekerja sama serta menjalin komukasi yang baik dalam setiap kegiatan dengan warga sekolah termasuk dalam membuat kesepakatan
  2. Dalam penerapan disilpin positif sangat diperlukan keteladan seorang guru terhadap siswanya
  3. Pentingya membangun hubungan yang positif diantara warga sekolah
  4. Siswa menjadi lebih baik dalam berinteraksi dengan lingkungannya
  5. Guru hendaknya menghindari hukuman fisik bagi peserta didik jika melanggar kesepakatan yang telah dibuat
  6. Pentingnya melakukan refleksi diri dan refleksi bersama dari kesepakatan yang telah dibuat dan dijalankan bersama
Disiplin positif memang bukan sesuatu yang mudah dilakukan, namun bukan berarti mustahil. Mama hanya memerlukan penguasaan emosi yang baik serta konsisten menjalankannya dan menjadi model yang baik untuk peserta diidk. Harapannya, di masa mendatang anak akan menjadi lebih mandiri dan memiliki integritas dalam setiap hal yang dilakukannya. Dalam penerapan disiplin positif ini, peserta didik diajarkan untuk memahami konsekuensi dari perilaku mereka. selain itu, didiplin positif juga mengajarkan peserta didik bertanggung jawab serta rasa hormat dalam berinteraksi dengan lingkungannya. jadi, disiplin positif merupakan salah satu cara penerapan disiplin yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran serta memberdayakan peserta didik untuk melakukan sesuatu tanpa ancaman maupun paksaan. 

E.        Rencana perbaikan untuk pelaksanaan dimasa mendatang

Rencana perbaikan kedepan setelah melakukan aksi nyata penerapan disiplin pada peserta dalam pendidikan karakter disekolah adalah:

  1. Melakukan refleksi secara berkala terhadap penerapan displin peserta didik melalui pendidikan karakter di sekolah
  2. Membangun motivasi yang kuat dengan rekan sejawat
  3. Selalu memberikan motivasi dan arahan kepada peserta didik
  4. Menanamkan nilai-nilai karakter kepada siswa dalam setiap pembelajaran
  5. Menumbuhkan kesadaran diri dan rekan sejawat bahwa hukuman bukanlah strategi dalam perepan disiplin kepada peserta didik artinya hukuman tidak membantu peserta didik menjadi disiplin.

F.         Dokumentasi proses dan hasil pelaksanaan berupa foto-foto dan video-video singkat berikut caption/narasi singkatnya

Mensosialisasika Rancangan Aksi Nyata dengan Kepala Sekolah dan rekan Sejawat

Berkolaborasi dengan Kepala Sekolah dan rekan sejawat dalam pelaksanaan Aksi Nyata

Kepala Sekolah Menanda Tangani Hasil Kesepakatan

Hasil Kesepakatan Yang telah di tanda tangani oleh Kepala Sekolah

Foto bersama setelah penanda tanganan hasil kesepakatan oleh Kepala Sekolah

1 komentar:

Modul 1. Refleksi Perkembangan Kompetensi Awal Peserta PKG PJOK

    Refleksi Perkembangan Kompetensi Awal Peserta PKG PJOK Oleh: Abi Wihan   Pertanyaan Reflektif Menurut pengalaman Ibu/Bapak sejau...