Senin, 13 Februari 2023

RENCANA TINDAK LANJUT PI-2

 

Private Documen With Canva

Perubahan Paradigma Pemimpin Pemeblajaran

Salam Guru Penggerak

Tergerak Bergerak dan Menggerakkan

Alhamdulillah

Pelaksanaan Pendampingan Individu (PI-2) telah berjalan denngan baik dan sesuai dengan pokus dan tema pemdampingan yaitu "Perubahan Paradigma Pemimpin Pembelajaran" kegiatan pendampingan terlaksana sejak tanggal 04 Februari s.d. 10 Februari 2023. Selama 6 hari mejalankan tugas dan peran sebagai PP (Pengajar Praktik) yaitu melaksanakan pendampingan ke sekolah calon guru penggerak angkatan 7 Kabupaten Aceh Tamiang dengan berbagai kondisi, suasana dan karakteristik yang berbeda.


Berikut adalah jadwal pelaksanaan Pendampingan Individu (PI-2).

Private Document

04-02-2023
CGP. Suwanto


06-02-2023
CGP. Aristia Oktaviana

07-02-2023
CGP. Uci Laili Fitri

08-02-2023
CGP. Maskur


09-02-2023
CGP. Dian Agustina

10-02-2023
CGP. Irma


Fokus Pendampingan Individu (PI-2) adalah:
  • Diskusi refleksi diri tentang lingkungan belajar di sekolah 
  • Diskusi refleksi perubahan diri setelah mempelajari modul 1.1, 1.2 dan 1.3
  • Diskusi rencana merintis komunitas praktisi di sekolah, berdasarkan hasil pemetaan di lokakarya 1
  • Mengkomunikasikan visi dan prakasra perubahan ke KS dan warga sekolah dengan dimoderasi oleh PP
Kegiatan yang dilakukan selama pendampingan adalah
Kegiatan Awal
  • Pengajar Praktik menyapa dan menanyakan kabar Calon Guru Penggerak
  • Menjelaskan tentang fokus pendampingan. PP memastikan CGP memahami aktivitas pendampingan yang akan dilakukan.
  • Pengajar praktik memastikan dokumen yang dibutuhkan saat pendampingan individu sudah disiapkan CGP.
  • Pengajar praktik menanyakan apa saja proses kegiatan yang sudah berjalan selama satu bulan terakhir, pembelajaran daring dan menanyakan rencana tindak lanjut dari pendampingan individu 1, serta hal-hal yang dianggap sebagai capaian selama satu bulan terakhir (berdasarkan jurnal hasil pemantauan pembelajaran daring)
  • Mengapresiasi kemajuan-kemajuan yang disampaikan oleh Calon Guru Penggerak;
  • Pengajar Praktik mendampingi Calon Guru Penggerak meminta izin kepada kepala sekolah untuk melakukan aktivitas mengkomunikasikan visi dan prakarsa perubahan sekolah. Akan lebih baik lagi jika Pengajar Praktik mengingatkan CGP untuk meminta izin kepala sekolah beberapa hari sebelum kunjungan PI-2.
Kegiatan Inti
  • Refleksi diri tentang lingkungan belajar
  • Refleksi perubahan diri setelah memperlajari modul 1.1, 1.2 dan 1.3.
  • Rencana merintis komunitas praktisi di sekolah 
  • Memfasilitasi Diskusi Visi dan Prakarsa Perubahan Sekolah 
Kegiatan Akhir
  • Refleksi proses pendampingan
  • Apresiasi terhadap cgp
  • Mengingatkan cgp untuk menginput survey di LMS (lembar umpan balik)
  • Memotivasi cgp untuk tetap mencoba praktik-praktik pembelajaran yang berpihak pada murid
Selama pendampingan Individu 2 ke sekolah calon guru penggerak, hampir semua CGP mengungkapkan rasa syukur dan semangat serta komitmen mengikuti dan menyelesaikan program pendidikan guru penggerak, karena dukungan Kepala Sekolah, rekan sejawat dan komunitas yang ada disekolah, cgp mendapatkan apresiasi yang baik dari setiap aksi nyata dan penerapan proses pembelajaran yang dilakukan cgp. Implementasi yang dilakukan cgp sesuai dengan isi dari modul 1.1, 1.2 dan 1.3. seperti menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, merubah pendekatan pembelajaran, menuntun/membimbing murid yang kesulitan dalam belajar, berkolaborasi dengan rekan sejawat dalam membuat program dan melaksanakan kegiatan disekolah, menciptakan suasana pembelajaran yang mewujudkan kepemimpinan murid, sehingga terjadi perubahan pada muid, kreatif dan inovatif dalam merancang pembelajaran. dll

Sebagai pengajar praktik selain melakukan pendampingan individu, hal lain yang dilakukan adalah memfasilitasi lokakarya, mengevaluasi dan memberi umpan balik kepada Calon Guru Penggerak, membuat laporan capaian perkembangan Calon Guru Penggerak, serta memfasilitasi proses refleksi dan membuat rencana tindak lanjut (RTL). Rencana Tindak Lanjut (RTL) dibutuhkan sebagai implementasi kegiatan yang berkelanjutan. RTL merupakan  panduan untuk keberlangsungan dan keberlanjutan suatu program tak termasuk Program Pendidikan Guru Penggerak. Dengan adanya RTL akan memudahkan Pengajar Praktik dan Calon Guru Penggerak dalam implementasi program ke depannya.
Penyusunan RTL membutuhkan perencanaan yang matang, dimana RTL yang baik sesuai dengan program yang berdasarkan pada potensi dan kekuatan yang dimiliki. Disamping itu, membutuhkan juga pertimbangan aset ilmu yang telah dimiliki oleh Pengajar Praktik Guru Penggerak dan yang akan dikembangkan di sekolah ataupun komunitasnya. Termasuk di dalamnya adalah sumber daya manusia sebagai aset untuk koordinasi dan kolaborasi.
Berikut adalah Rencana Tindak Lanjut yang akan dilakukan setelah melakukan Pendampingan Individu (PI-2)
  • Memotivasi para CGP untuk selalu terus mengembangkan dirinya, agar selalu bersemangat dalam mengimplementasikan  Filosofis  Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara dalam pembelajaran dan memahami peran sebagai guru penggerak untuk melaksanakan visi guru penggerak;
  • Memotivasi para CGP untuk tetap dan konsisten mencoba praktik-praktik pembelajaran yang berpihak pada murid.
  • Mendorong para CGP untuk terus meningkatkan Kemampuan dirinya di bidang IT untuk mempermudah dan memperlancar dalam pembuatan tugas, salah satunya pembuatan   Portofolio Digital. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan para CGP untuk mendokumentasikan semua aktivitasnya selama 6 bulan mengikuti program ini.
  • Mengajak CGP untuk terus berkolaborasi dengan teman sejawat dalam  melaksanakan refleksi untuk perbaikan pembelajaran
  • Diskusi mengenai Komunitas Praktisi, agar CGP mampu membentuk sebuah komunitas praktisi, berperan aktif dalam komunitas praktisi, dan mampu  menggerakkan Komunitas Praktisi yang sudah ada ataupun yang baru dibentuk
  • Berdiskusi untuk mengembangkan budaya positif literasi dalam bentuk kesepakatan kelas ke tingkat komunitas sekolah. Tujuannya agar budaya positif literasi dalam bentuk kesepakatan kelas dapat dilaksanakan di semua kelas yang ada di sekolah. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk penguatan terhadap wali kelas dalam pembuatan kesepakatan kelas;
  • Berdiskusi untuk membuat pertemuan dengan Komunitas Praktisi di sekolah dan sekitarnya guna membahas program-program lain yang berdampak pada murid di sekolah. Tujuannya untuk memetakan bentuk program berdampak ada murid yang dapat dilaksanakan di sekolah. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk diskusi secara intensif dan rutin dengan Komunitas Praktisi di sekolah.
  • Memberikan semangat dan motivasi kepada cgp untuk selalu memberanikan diri dan optimis dalam membuat prakarsa perubahan di sekolah 
  • Memberikan semangat dan motivasi kepada cgp untuk tetap komitmen mengikuti program pendidikan guru penggerak hingga selesai.
  • Memberikan ruang dan kesempatan kepada cgp untuk menjadi narasumber dalam kegiatan atau program dalam komunitas prkatisi seperti KKG, MGMP dll

Renacana Tindak Lanjut yang telah disusun merupakan rencana tindak lanjut jangka panjang dan berkelanjutan. Pelaksanaan masing-masing program disesuaikan dengan situasi dan kondisi PP dan CGP di sekolah masing-masing. Sebelum implementasi RTL tersebut, perlu adanya koordinasi dengan para CGP, Kepala Sekolah dan kolaborasi dengan rekan sejawat yang ada disekolah CGP, dengan tujuannya agar semua program tindak lanjut dapat dilaksanakan dengan baik.


 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Modul 1. Refleksi Perkembangan Kompetensi Awal Peserta PKG PJOK

    Refleksi Perkembangan Kompetensi Awal Peserta PKG PJOK Oleh: Abi Wihan   Pertanyaan Reflektif Menurut pengalaman Ibu/Bapak sejau...