![]() |
Private Documen With Canva |
Perubahan Paradigma Pemimpin Pemeblajaran
Salam Guru Penggerak
Tergerak Bergerak dan Menggerakkan
Alhamdulillah
Pelaksanaan Pendampingan Individu (PI-2) telah berjalan denngan baik dan sesuai dengan pokus dan tema pemdampingan yaitu "Perubahan Paradigma Pemimpin Pembelajaran" kegiatan pendampingan terlaksana sejak tanggal 04 Februari s.d. 10 Februari 2023. Selama 6 hari mejalankan tugas dan peran sebagai PP (Pengajar Praktik) yaitu melaksanakan pendampingan ke sekolah calon guru penggerak angkatan 7 Kabupaten Aceh Tamiang dengan berbagai kondisi, suasana dan karakteristik yang berbeda.
Berikut adalah jadwal pelaksanaan Pendampingan Individu (PI-2).
![]() |
Private Document |
![]() |
06-02-2023 CGP. Aristia Oktaviana |
![]() |
09-02-2023 CGP. Dian Agustina |
- Diskusi refleksi diri tentang lingkungan belajar di sekolah
- Diskusi refleksi perubahan diri setelah mempelajari modul 1.1, 1.2 dan 1.3
- Diskusi rencana merintis komunitas praktisi di sekolah, berdasarkan hasil pemetaan di lokakarya 1
- Mengkomunikasikan visi dan prakasra perubahan ke KS dan warga sekolah dengan dimoderasi oleh PP
- Pengajar Praktik menyapa dan menanyakan kabar Calon Guru Penggerak
- Menjelaskan tentang fokus pendampingan. PP memastikan CGP memahami aktivitas pendampingan yang akan dilakukan.
- Pengajar praktik memastikan dokumen yang dibutuhkan saat pendampingan individu sudah disiapkan CGP.
- Pengajar praktik menanyakan apa saja proses kegiatan yang sudah berjalan selama satu bulan terakhir, pembelajaran daring dan menanyakan rencana tindak lanjut dari pendampingan individu 1, serta hal-hal yang dianggap sebagai capaian selama satu bulan terakhir (berdasarkan jurnal hasil pemantauan pembelajaran daring)
- Mengapresiasi kemajuan-kemajuan yang disampaikan oleh Calon Guru Penggerak;
- Pengajar Praktik mendampingi Calon Guru Penggerak meminta izin kepada kepala sekolah untuk melakukan aktivitas mengkomunikasikan visi dan prakarsa perubahan sekolah. Akan lebih baik lagi jika Pengajar Praktik mengingatkan CGP untuk meminta izin kepala sekolah beberapa hari sebelum kunjungan PI-2.
- Refleksi diri tentang lingkungan belajar
- Refleksi perubahan diri setelah memperlajari modul 1.1, 1.2 dan 1.3.
- Rencana merintis komunitas praktisi di sekolah
- Memfasilitasi Diskusi Visi dan Prakarsa Perubahan Sekolah
- Refleksi proses pendampingan
- Apresiasi terhadap cgp
- Mengingatkan cgp untuk menginput survey di LMS (lembar umpan balik)
- Memotivasi cgp untuk tetap mencoba praktik-praktik pembelajaran yang berpihak pada murid
- Memotivasi para CGP untuk selalu terus mengembangkan dirinya, agar selalu bersemangat dalam mengimplementasikan Filosofis Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara dalam pembelajaran dan memahami peran sebagai guru penggerak untuk melaksanakan visi guru penggerak;
- Memotivasi para CGP untuk tetap dan konsisten mencoba praktik-praktik pembelajaran yang berpihak pada murid.
- Mendorong para CGP untuk terus meningkatkan Kemampuan dirinya di bidang IT untuk mempermudah dan memperlancar dalam pembuatan tugas, salah satunya pembuatan Portofolio Digital. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan para CGP untuk mendokumentasikan semua aktivitasnya selama 6 bulan mengikuti program ini.
- Mengajak CGP untuk terus berkolaborasi dengan teman sejawat dalam melaksanakan refleksi untuk perbaikan pembelajaran
- Diskusi mengenai Komunitas Praktisi, agar CGP mampu membentuk sebuah komunitas praktisi, berperan aktif dalam komunitas praktisi, dan mampu menggerakkan Komunitas Praktisi yang sudah ada ataupun yang baru dibentuk
- Berdiskusi untuk mengembangkan budaya positif literasi dalam bentuk kesepakatan kelas ke tingkat komunitas sekolah. Tujuannya agar budaya positif literasi dalam bentuk kesepakatan kelas dapat dilaksanakan di semua kelas yang ada di sekolah. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk penguatan terhadap wali kelas dalam pembuatan kesepakatan kelas;
- Berdiskusi untuk membuat pertemuan dengan Komunitas Praktisi di sekolah dan sekitarnya guna membahas program-program lain yang berdampak pada murid di sekolah. Tujuannya untuk memetakan bentuk program berdampak ada murid yang dapat dilaksanakan di sekolah. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk diskusi secara intensif dan rutin dengan Komunitas Praktisi di sekolah.
- Memberikan semangat dan motivasi kepada cgp untuk selalu memberanikan diri dan optimis dalam membuat prakarsa perubahan di sekolah
- Memberikan semangat dan motivasi kepada cgp untuk tetap komitmen mengikuti program pendidikan guru penggerak hingga selesai.
- Memberikan ruang dan kesempatan kepada cgp untuk menjadi narasumber dalam kegiatan atau program dalam komunitas prkatisi seperti KKG, MGMP dll
Renacana Tindak Lanjut yang telah disusun merupakan rencana tindak lanjut jangka panjang dan berkelanjutan. Pelaksanaan masing-masing program disesuaikan dengan situasi dan
kondisi PP dan CGP di sekolah masing-masing. Sebelum implementasi RTL tersebut, perlu adanya koordinasi dengan para CGP, Kepala Sekolah dan kolaborasi
dengan rekan sejawat yang ada disekolah CGP, dengan tujuannya agar semua program
tindak lanjut dapat dilaksanakan dengan baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar