Sabtu, 10 September 2022

Refleksi Diri CPP

 

Sumber Gambar: Private Documen (With Canva)


Pengajar Praktik Guru Penggerak merupakan salah satu komponen dari bagian Program Pendidikan Guru selain Guru penggerak dan Fasilitator. Tugas utamanya adalah sebagai pendamping guru penggerak dalam proses pendidikan Guru Penggerak

Oleh karena sebagai seorang calon pengajar praktik, saya harus memahami tugas dan peran sebagai seorang pengajar praktik agar pendampingan yang dilakukan bersama calon guru penggerak dapat berjalan dengnan baik.Tugas saya sebagai pengajar praktik yaitu berperan melakukan pendampingan individu, memfasilitasi lokakarya, mengevaluasi dan memberi umpan balik kepada Calon Guru Penggerak, membuat laporan capaian perkembangan Calon Guru Penggerak, serta memfasilitasi proses refleksi dan rencana tindak lanjut. 

Pembekalan Calon Pengajar Praktik telah banyak memberikan pembelajaran, pengalaman, motivasi, semangat dan banyak hal positif sebagai bekal untuk menjadi seorang pengajar praktik dalam program pendidikan guru penggerak yang nantinya dapat diterapkan pada saat melakukan pendampingan terhadap calon guru penggerak. 

Sesuai dengan ilmu yang saya dapatkan selama mengikuti pembekelan CPP, oleh karena itu saya ingin menjadi seorang calon pengajar praktik yang merdeka dan menjadikan CGP yang merdeka pula yaitu:

  • Pengajar Praktik yang empati, agar dapat merasakan apa yang dirasakan oleh CGP selama mengikuti program pendidikan guru penggerak yaitu memahami situasi dan kesulitan yang dialami oleh semua CGP.
  • Pengajar Praktik yang Obyektif, berbasis data dan berdasarkan kebutuhan serta bersikap netral terhadap semua CGP yaitu tidak memihak dengan salah satu CGP
  • Pengajar Praktik yang berkesadaran diri yaitu dengan sepenuh hati mendampingi CGP dengan penuh kesabaran dan keihklasan
  • Pengajar praktik yang demokratis, menghargai setiap perbedaan, keberagaman, toleransi dan menjalin hubungan yang positif dengan CGP
  • Pengajar Praktik yang bersikap terbuka, setiap CGP memiliki potensi/kekuatan yang dapat digali dan kembangkan untuk meghadapi segala tantangan selama mengikuti pendidikan guru penggerak
  • Pengajar praktik yang tidak hanya memikirkan target penyampaian materi (hasil), melainkan proses belajar para CG
  • Pengajar praktik yang Jujur, terbuka, apa adanya saat memberikan merespon, umpan balik atau refleksi terhadap CGP

Sebagai seorang pengajar praktik yang telah mendampingi para CGP dalam program pedidikan guru penggerak, dan setelah para cgp menyelesaikan pendidikan guru penggerak, saya sangat berharap agar para guru penggerak memahami dan menjalankan perannya dengan baik sesuai dengan nilai-nilai yang dimiliki sebagai seorang guru penggerak yaitu  menjadi guru penggerak yang mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif dan berpihak pada murid, dengan demikian guru penggerak akan benar-benar menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila

Peran guru penggerak yang harus dilakukan oleh seorang guru penggerak setelah menyelesaikan program pendidikan guru penggerak adalah adalah

  • Menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahny
  • Menjadi Pengajar Praktik bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah
  • Mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekola
  • Membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antara guru dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
  • Menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong well-being ekosistem pendidikan di sekolah

Selain itu seorang guru penggerak harus memilki kesabaran dan keiskhlasan untuk menjalankan perannya sebagai seorang guru penggerak, semangat untuk terus belajar, belajar dimana saja kapan saja dan dengan siapa saja, belajar untuk merefleksikan pengalaman pembelajaran karena kita belajar bukan dari penglaman melainkan belajar dari merefleksikan pengalaman tersebuat dengan melihat sisi positif dan negatif dari proses belajar tersebut sebagai langkah awal untuk perbaikan kedepan. teruslah menjadi pelopor dalam sebuah perubahan yang lebih baik.

Sebagai seorang calon pengajar praktik yang sebelumnya juga pernah melakukan pendampingan terhadap guru-guru dalamsebuah pelatihan yang diselenggaran oleh Dinas Pendidikan, P4TK Penjas BK dan Komunitas Pendidikan dan KKG, saya menyadari bahwa keberhasilan kegiatan tersebut tidak semata-semata karena peran saya sebagai seorang pendamping namun adanya kolaborasi dan kerjasama yang apik dari berbagai pihak hingga kegiatan pendampingan tersebut bisa berjalan dengan baik. dan peran saya sebagai seorang pendamping harus memilki persiapan yang matang seperti, materi, mengetahui target peserta, mengetahui konsep dan tema kegiatan, memastikan rudown acara, pengadaan peralatan yang akan saya gunakan dalam proses pendampingan, peka terhadap situasi pendampingan selain itu harus memilki rasa percaya diri yakni dengan mengajak peserta untuk belajar bersama meskipun berbeda usia, sosial, pendidikan dall. sebagai seorang pendamping agar pendampingan yang kita lakukan berhasil harus bersikap obyek dan ramah kepada semua peserta.

 

Terimaksih

Semoga bermanfaat 

 Semangat belajar bergerak dan berbagi untuk negeri

“Perubahan tidak dapat dimulai dari atas. Semuanya berawal dan berakhir dari guru. Jangan menunggu aba-aba, jangan menunggu perintah. Ambillah langkah pertama.”

( Mas Nadiem )

 


1 komentar:

Modul 1. Refleksi Perkembangan Kompetensi Awal Peserta PKG PJOK

    Refleksi Perkembangan Kompetensi Awal Peserta PKG PJOK Oleh: Abi Wihan   Pertanyaan Reflektif Menurut pengalaman Ibu/Bapak sejau...