Senin, 05 April 2021

Tugas Modul 3.1.a.6 (Refleksi Terbimbing)


Refleksi Terhadap Proses Pembelajaran Pada Materi Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran

Sebagai seorang pemimpin pembelajaran,  kita pasti sering dihadapkan dalam situasi di mana kita diharuskan mengambil suatu keputusan. baik dalam kasus dilema etika (Benar vs benar ), maupun dalam kasus bujukan moral (Benar vs salah )

Dari pengalaman kita selama ini berada pada institusi pendidikan, kita telah mengetahui bahwa dilema etika adalah hal berat yang harus dihadapi dari waktu ke waktu. Ketika kita menghadapi situasi dilema etika, akan ada nilai-nilai kebajikan mendasari yang bertentangan seperti cinta dan kasih sayang, kebenaran, keadilan, kebebasan, persatuan, toleransi, tanggung jawab dan penghargaan akan hidup. 

Secara umum paradigma yang terjadi pada situasi dilema etika  adalah sebagai berikut :


  1. Individu lawan masyarakat (individual vs community)
  2. Rasa keadilan lawan rasa kasihan (justice vs mercy) 
  3. Kebenaran lawan kesetiaan (truth vs loyalty) 
  4. Jangka pendek lawan jangka panjang (short term vs long term)

Prinsip penyelesaian dilema :

  1. Berpikir Berbasis Hasil Akhir (Ends-Based Thinking) 
  2. Berpikir Berbasis Peraturan (Rule-Based Thinking) 
  3. Berpikir Berbasis Rasa Peduli (Care-Based Thinking)
Penerapan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan

  • Apa nilai-nilai yang saling bertentangan dalam studi kasus tersebut?
  • Siapa yang terlibat dalam situasi tersebut 
  • Apa fakta-fakta yang relevan dengan situasi tersebut ?
  • Mari kita lakukan pengujian benar atau salah terhadap situasi tersebut? 

  1. Apakah ada aspek pelanggaran hukum dalam situasi tersebut? (Uji lega)
  2. Apakah ada pelanggaran peraturan/kode etik profesi dalam kasus tersebut? (Uji regulasi)
  3. Berdasarkan perasaan dan intuisi Anda, apakah ada yang salah dalam situasi ini? (Uji intuisi)
  4. Apa yang anda rasakan bila keputusan Anda dipublikasikan di halaman depan koran? Apakah anda merasa nyaman?
  5. Kira-kira, apa keputusan yang akan diambil oleh panutan/idola Anda dalam situasi ini?

  • Jika situasinya adalah situasi dilema etika, paradigma mana yang terjadi pada situasi tersebut?
  • Dari3 prinsip penyelesaian dilema, prinsip mana yang akan dipakai?
  • Apakahada sebuah penyelesaian yang kreatif dan tidak terpikir sebelumnya untuk menyelesaikan masalah ini (Investigasi Opsi Trilemma)?
  • Apakeputusan yang akan Anda ambil?
  • Cobalihat lagi keputusan Anda dan refleksikan

Setelah mempelajari modul 3.1 sampai tahap kolaborasi, ternyata sebelum mengambil sebuah keputusan, sebagai seorang pemimpin pembelajaran dalam pengambilan keputusan harus memahami dilema yang terdapat pada kasus yang dihadapai, menentukan paradigma dan menggunakan prinsip pengambilan keputusan serta melakukan penerapan 9 langkah pengambilan dan ini di luar dugaan saya ternyata pengambilan keputusan tidak semudah yang saya fikirkan, selama ini pengambilan keputusan hanya berdasarkan benar atau salah tanpa mengetahui prinsip-prinsip yang mendalam dalam pengambilan keputusan

Pembelajaran dalam modul 3.1 ini (Pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran) sangat menambah pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk memulai mengambil keputusan sebagai pemimpin pembelajaran di sekolah dan menumbuhkan keyakinan dengan keputusan-keputusan yang akan diambil nantinya dengan harapan agar keputusan-keputusan tersebut akan semakin menguatkan jati diri sebagai seorang pemimpin pembelajaran yang meletakkan kepentingan murid sebagai yang utama seiring dengan filosofi pendidikan dari Ki Hajar Dewantara yang telah dipelajari pada modul sebelumnya. 
Melalui pembelajaran modul 3.1 ini besar harapan semoga dapat mengambil keputusan berdasarkan pengetahuan yang telah dipelajari tentang keempat paradigma dilema etika, ketiga prinsip dilema etika, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan dengan berkolaborasi bersama  komponen pemangku kepentingan sekolah agar dapat memberikan dampak yang positif pada diri sendiri khususnya maupun sekolah pada umumnya

Berikut adalah contoh study kasus dan hasil analisis terhadap study kasus yang telah di presentasikan pada ruang kolaborasi : Prahara Cinta Terlarang


Terimakasih
 




3 komentar:

Modul 1. Refleksi Perkembangan Kompetensi Awal Peserta PKG PJOK

    Refleksi Perkembangan Kompetensi Awal Peserta PKG PJOK Oleh: Abi Wihan   Pertanyaan Reflektif Menurut pengalaman Ibu/Bapak sejau...