Senin, 05 April 2021

Tugas Modul 3.1.a.5 ( Ruang Kolaborasi )

 

Pembelajaran 3: Ruang Kolaborasi

 

Waktu: 3 JP

Tujuan Pembelajaran Khusus:

CGP dapat berbagi, berkolaborasi dan menerapkan keterampilan pengambilan keputusan berdasarkan 4 paradigma, 3 prinsip, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan.

 

Kegiatan Pemantik:

Bacalah kutipan di bawah ini dan tafsirkan maksudnya:

“Sumber berharga yang dimiliki semua guru adalah kesalingtergantungan satu dengan yang lain. Tanpa kolaborasi (kerja bersama), maka pertumbuhan diri kita dibatasi oleh pandangan diri kita masing-masing”

(The most valuable resource that all teachers have is each other. Without collaboration our growth is limited to our own perspectives)

Robert John Meehan

Kerja Kelompok:

Dalam kerja kelompok kali ini, Anda akan diminta untuk dapat kerja bersama (berkolaborasi), untuk mencapai tujuan bersama yaitu menjadi pemimpin pembelajaran yang bijaksana, cekatan dan mandiri pada sekolah/lingkungan masing-masing dalam keterampilan pengambilan keputusan yang memiliki unsur dilema etika.


Tugas Anda:

1.    Setiap kelompok ditugaskan mencari suatu studi kasus yang berisi suatu unsur dilema etika. Sumber studi kasus pilihan bisa didapatkan dari:

  •      Studi kasus nyata dari salah satu anggota kelompok yang disepakati menjadi studi kasus kelompok untuk dianalisis.
  •      Studi kasus nyata (bukan studi kasus anggota kelompok) yang disepakati menjadi studi kasus kelompok untuk dianalisis.
  •     Studi kasus nyata yang termuat di sebuah harian yang disepakati menjadi studi kasus kelompok untuk dianalisis.

2.    Dari studi kasus pilihan tersebut, tugas setiap kelompok adalah menentukan:

  •  Paradigma apa yang digunakan dalam studi kasus pilihan?
  • Prinsip mana yang mendasari pilihan pengambilan keputusan yang diambi
  • Tahapan pengambilan dan pengujian terhadap studi kasus pilihan, apakah telah tepat, atau belum? Mengapa? Masihkah ada pertanyaan-pertanyaan lanjutan dalam benak, apakah pilihan pengambilan keputusan ini telah tepat?

3.   Setiap anggota kelompok hendaknya membagi pengalaman dan gagasannya dalam pengambilan keputusan terhadap studi kasus pilihan. Perhatikan Daftar Tugas/Checklist yang disiapkan pada tautan berikut di bawah ini, agar lebih mempermudah tugas kelompok dan memastikan unsur-unsur utama dari penugasan kolaborasi:

https://docs.google.com/document/d/1VZVIqFz1LbwM4V4ynCMg1RAwW ApdpuYXx2D_Estj_HU/edit?usp=sharing

4.    Selanjutnya perhatikan rubrik asesmen yang disediakan, untuk penilaian kualitas isi dari studi kasus pilihan (pemilihan paradigma, prinsip dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan) serta bentuk kerja bersama (kolaborasi) yang diperlihatkan pada saat forum diskusi:

Inilah kasus dan Hasil Analisi studi kasus kelas B kelompok B dengan kasus yang betema Prahara Cinta Terlarang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Modul 1. Refleksi Perkembangan Kompetensi Awal Peserta PKG PJOK

    Refleksi Perkembangan Kompetensi Awal Peserta PKG PJOK Oleh: Abi Wihan   Pertanyaan Reflektif Menurut pengalaman Ibu/Bapak sejau...