Sabtu, 01 Mei 2021

Rancangan Tindakan Aksi Nyata ( Modul 3.2 )

 


Judul Modul    : 3.2 Pemimpin dalam pengelolaan sumber daya

Pemanfaatan aset lingkungan/alam sekitar sekolah sebagai sarana pembelajaran peserta didik

Nama Peserta : Mariono


Latar Belakang

Seorang guru harus dapat menciptakan situasi dan kondisi pembelajaran yang menarik  dan menyenangkan bagi siswa, salah satunya adalah dengan memanfaatkan atau memberdayakan serta menggunakan sumber daya alam  (Aset lingkungan/alam) yang ada di sekitar lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran. Pada dasarnya segala hal yang ada di lingkungan sekitar kita dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang baik, oleh karena itu gunakan dan manfaatkanlah lingkungan sekitar sekolah sebagai media pembelajaran dengan baik dan maksimal.

 Tujuan

Adapun tujuan rancangan tindakan untuk aksi nyata ini adalah :

  • Memberdayakan/mengelola aset (Aset lingkungan/alam) yang dimiliki sekolah
  • Dalam memberdayakan/mengelola aset (Aset lingkungan/alam) menggunakan Pendekatan Berbasis Aset/Kekuatan (Asset-Based Thinking)
  • Dengan memberdayakan/mengelola aset (Aset lingkungan/alam) yang dimiliki sekolah secara optimal maka kegiatan belajar lebih komprehensif, aktif dan menyenangkan serta berpihak pada murid

 Tolak Ukur

Adapapun tolak ukur rancangan tindakan untuk aksi nyata ini adalah :

  • Mampu memberdayaan/pengelolaan aset ( Aset lingkungan/alam) secara optimal
  • Mampu memberdayaan/pengelolaan aset ( Aset lingkungan/alam) menggunakan Pendekatan Berbasis Aset/Kekuatan (Asset-Based Thinking)
  • Terciptanya kegiatan belajar yang komprehenshif, aktif dan menyenangkan serta berpihak pada murid

 Linimasa tindakan yang akan dilakukan ( BAGJA )

B-uat Pertanyaan (Define)

Apa saja aset (Aset lingkungan/alam) yang dimiliki sekolah ?

  • Membuat pemetaan aset (Aset lingkungan/alam) sekitar sekolah

Apa yang harus dilakukan agar potensi yang dimiliki murid dapat berkembang ?

  • Melakukan diskusi(kolaborasi ) dengan komunitas sekolah.
  • Memberdayakan/mengelola aset (Aset lingkungan/alam) secara optimal dalam mengembangkan  potensi yang dimiliki murid

A-mbil Pelajaran (Discover)

Siapakah yang pernah berhasil memberdayakan sumber daya yang ada dalam mengembangkan potensi yang dimiliki murid ?

  • Mencari profil orang / teman sejawat atau tokoh terkenal yang sudah berhasil memberdayakan aset (Aset lingkungan/alam) di sekitar sekolah.                  

Aktivitas apa saja yang dilakukan dalam mengembangkan potensi murid ?

  • Mencari tau dan mencatat bagaimana orang / teman sejawat atau tokoh terkenal dalam memberdayakan/mengelola aset (Aset lingkungan/alam) di sekitar sekolah

G-ali Mimpi (Dream)

Apakah kebiasaan kebiasaan baru yang saya bayangkan dan akan lakukan ketika dapat memberdayakan/mengelola aset (Aset lingkungan/alam) di sekitar sekolah ?

  • Konsisten akan selalu memberdayakan/mengelola aset (aset lingkungan/alam) sekitar sekolah dan aset lainnya.
  • Mengajak teman/rekan sejawat untuk bersama memberdayakan/mengelola aset (Aset lingkungan/alam) di sekitar sekolah

 J-abarkan rencana (Design)

Berapa lama target untuk dapat memberdayakan/mengelola sumber daya yang ada ?

  • Waktu yang dibutuhkan 4 minggu dimulai dari membuat pemetaan sumber daya (Aset lingkungan/alam)  yang ada hingga mereview kegiatan yang dilakukan

Apa tindakan – tindakan yang bisa mendukung dalam memberdayakan/mengelola aset (Aset lingkungan/alam) di sekitar sekolah?

  • Meminta izin kepada kepala sekolah selaku pimpinan dalam     memberdayakan/mengelola aset (Aset lingkungan/alam) di sekitar sekolah
  • Kolaborasi/diskusi dengan rekan sejawat dalam mengoptimalkan pemberdayakan/pengelola an sumber aset (Aset lingkungan/alam) di sekitar sekolah

Apa langkah paling sederhana/langkah pertama yang bisa dilakukan..?

  • Mengoptimalkan pengelolaan aset (Aset lingkungan/alam) di sekitar sekolah sebagai sarana pembelajaran, dengan menggunakan tekhnik Field trip atau karya wisata.

 A-tur eksekusi (Deliver)

Siapa saja yang akan saya libatkan dalam mewujudkan rencana ini..?

  • Mengajak rekan sejawat yang memiliki keinginan yang sama

Siapa yang akan menampung curhatan tentang kesulitan-kesulitan yang mungkin dihadapi..?

  • Kepala Sekolah, Pengawas, Rekan sejawat

Dukungan Yang di Butuhkan

Adapun bahan , alat dan dukungan yang dibutuhkan antara lain :

Bahan dan alat :

  • Sumber daya/aset yang dimiliki sekolah      

       Dukungan :

  • Dari sekolah yaitu kepala sekolah sebagai atasan dalam memfasilitasi setiap kegiatan dan mendukung segala kegiatan yang akan dilakukan, Komite sekolah , rekan sejawat yang nantinya diharapkan dapat bekerjasama dalam melaksanakan kegiatan ini ,
  • Dari Pemerintah dalam hal ini adalah pengawas sekolah selaku suvervisor pendidikan membantu agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran
  • Dari Masyarakat yaitu orangtua orang tua anak (murid) serta anak (murid), sehingga rencana ini dapat berlangsung dengan baik dan berkesinambungan.

Thank You

7 komentar:

Modul 1. Refleksi Perkembangan Kompetensi Awal Peserta PKG PJOK

    Refleksi Perkembangan Kompetensi Awal Peserta PKG PJOK Oleh: Abi Wihan   Pertanyaan Reflektif Menurut pengalaman Ibu/Bapak sejau...