Kamis, 12 November 2020

Nilai-nilai dan Peran Guru Penggerak

 Tugas 1.2.b.9.1



SALAM GURU PENGGERAK

TERGERAK

BERGERAK

MENGGERAKKAN

Guru Penggerak Hebat

HARAPAN KEMENDIKBUD PADA PARA PENDIDIK, KHUSUSNYA KEPADA CALON GURU PENGGERAK




Guru Penggerak adalah pemimpin yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplemetasikan pembelajaran yang berpusta kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan Program Guru Penggerak merupakan ujung tombak transformasi pendidikan Tanah Air.

Guru Penggerak berperan penting dalam mencapai tujuan Merdeka Belajar yakni Pelajar Pancasila yang memiliki tujuh kriteria yakni beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, kreatif, gotong royong, berkebhinekaan global, bernalar kritis dan mandiri.

Guru Penggerak diharapkan menjadi agen perubahan dalam transformasi pendidikan di sekolah. Guru Penggerak tidak cukup menjadi guru yang baik tapi menggerakkan perubahan pada guru lai, kurikulum perubahan dalam cara mendidik siswa dan cara berpartisipasi dalam belajar.   

Untuk mewujudkan harapan dari KEMENDIKBUD tersebut, kita sebagai calon guru Penggerak harus bisa memahai Nilai-nilai yang harus dimilki oleh Guru Penggerak agar kita termotivasi untuk tergerak, bergerak dan menggerakan. dan nilai-nilai tersebut adalah

1.  Mandiri 

2. Reflektif

3. Kolaboratif

4. Inovatif

5. Berpihak Pada Murid

Jika kita sebagai calon Guru Penggerak mampu melaksanakan perannya sebagai Guru Penggerak dengan baik maka akan memberikan dampak postif bagi peserta didik, Dampak postif bagi pesrta didik  anatara lain

  • pembelajaran yang diperoleh peserta didik menjadi lebih bermakna
  • peserta didik akan menemukan jati dirinya melalui tuntunan seorang guru penggerak dengan mengembangkan potensi yang dimilki setiap peserta didik
  • peserta didik akan merasa senang belajar dengan berbagai inovasi dari guru penggerak, jika siswa merasa senang maka siswa akan semangat mengikuti pembelajaran
  • akan muncul rasa percaya diri dari peserta didik melalui pembelajaran yang disesuaikan dengan potensi yang dimilki oleh peserta didik itu sendiri
  • terbentuknya psikologi peserta didik yang lebih baik
  • terwujudnya merdeka belajar bagi peserta didi
  • menjadi pelajar pancasila

Untuk mewujudkan dampak positif tersebut maka perlu adanya kekuatan diri  yang merupakan nilai-nilai yang harus dimilki oleh Guru Penggerak (mandiri, reflektif, kolaboratif,inovatif dan berpihak pada anak).dan sebenarnya kita semua memilki nilai-nilai tersebut hanya saja perlu untuk lebih ditingkatkan lagi.  kekuatan yang  saya milki setelah berproses pada pembelajaran Modul 1.2 adalah kemandirian, inovatif dan berpihak pada anak.

Kontribusi nyata yang saya lakukan dalam mengembangkan nilai-nilai yang harus dimilki oleh Guru Penggerak adalah melakukan inovasi belajar dengan memberikan kebebasan belajar kepada siswa sesuia dengan prinsip yang ingin di capai "Merdeka Belajar" yang berdasarkan potensi, minat dan bakat perserta didik serta kodrat yang ada pada anak masing-masing

Dengan demikin peserta didik memilki pengalaman belajar yang bermakna karena belajar bisa dilakukan dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja. Anggaplah semua orang itu adalah guru dan alam raya itu sebagai sekolah tempat menuntut ilmu.


Terimaksih

Semoga Bermanfaat 

Salam Hangat

Mariono,S.Pd.I

 

 

  

 

 

 

 

2 komentar:

Modul 1. Refleksi Perkembangan Kompetensi Awal Peserta PKG PJOK

    Refleksi Perkembangan Kompetensi Awal Peserta PKG PJOK Oleh: Abi Wihan   Pertanyaan Reflektif Menurut pengalaman Ibu/Bapak sejau...